Jika Kucing Rewel Makan

Jika Kucing Rewel


Kucing dikenal sebagai pemakan daging ( Carnivora ) dan tidak memiliki sifat rewel terhadap makanan.

Kucing secara alami bukanlah hewan berkarakter rewel terhadap makanan. Mereka tercipta dengan karakter tidak menyulitkan jika diberi makanan.  Seperti diketahui kucing secara alami merupakan jenis satwa Carnivora sejak dulu. Tapi dengan perkembangan jaman, jenis makanan kucing mengalami pergeseran.

Sering terlihat kucing makan dengan menu hampir mirip dengan manusia. Kucing makan nasi yang biasanya dicampur dengan ikan, daging sapi atau ayam.

Seiring dengan perkembangan dunia perkucingan, banyak sekali produsen makanan jadi. Mulai dari makanan kering sampai dengan makanan basah dengan berbagai macam jenis dan klasifikasinya.

Makin bervariasinya jenis makanan kucing tapi masih saja terdapat kucing yang rewel terhadap pilihan makanan.

Penyebabnya

Jika pemilik merasa kucingnya rewel makan maka hal yang perlu dilakukan adalah kunjungi dokter hewan untuk memastikannya. Pastikan dulu jika kucing tidak bermasalah terhadap kesehatannya.

Jika kucing tersebut tidak dalam keadaan sakit, maka hal yang perlu dicurigai adalah jumlah tikus di sekitar rumah. Apakah terjadi pengurangan jumlah tikus.

Karena ada kemungkinan kucing membunuh tikus-tikus tersebut dan memakan bagian tertentu. Hal tersebut merupakan sifat alami kucing yang tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Kemudian ada hal yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan apakah ada orang lain yang memberi makan. Tidak menutup kemungkinan mereka juga pecinta kucing namun dalam memberikan makanannya mereka kurang bijaksana.

Dua Alasan Kucing Rewel

Sebenarnya ada dua hal yang penting untuk memahami alasan kucing rewel makan. Semua berdasarkan kebiasaan dalam pemberian makan sehari-harinya.

Kucing yang sudah terbiasa dengan satu jenis makan dan suatu hari terjadi perubahan jenis makanan, dikawatirkan kucing akan mogok makan karena merasa tidak terbiasa dengan makanan barunya.

Bahkan ada juga kebalikannya. Kucing dengan kebiasaan selalu berganti-ganti jenis makanan. Hal ini akan membuat kucing ketagihan dan akan minta makanan yang lebih bervariasi lagi setiap harinya. Seakan-akan kucing tidak akan pernah merasa puas.

Trik Menghadapinya

Mempertahankan kesehatan, itulah yang menjadi target utama dalam menghadapi masa rewelnya. Jangan sampai kucing kesayangan menjadi sakit karena mogok makan.

Koreksi terhadap kualitas makanan kucing menjadi kewajiban pemilik. Karena kualitas makanan juga menentukan kualitas hidup kucing.

Berikan makan dengan kualitas yang baik pada waktu makan seperti biasanya. Jika masih tetap tidak disentuh maka berikan lagi dan lagi sampai kucing tersebut merasa kelaparan.

Namun, perlu diingat makanan tersebut jangan tersaji sepanjang hari. Berikan pada waktu makan saja seperti biasanya.

Sebenarnya pemberian jumlah makanan yang cukup akan lebih efektif nutrisinya dan akan lebih mudah tercerna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar