Tips Memandikan Kucing

Bagi pecinta hewan, kucing merupakan salah satu hewan yang memerlukan perawatan khusus, ketelatenan, serta kesabaran. Kucing sebagai hewan yang mementingkan kebersihan, selalu menjilati bulu-bulunya sebagai pengganti mandi. Namun sebagai majikan, sebaiknya memandikan kucing minimal setiap 2minggu. Bagi yang tidak ingin repot, bisa membawa kucing kesayangan ke PetShop terdekat .Pemilik juga bisa memandikan kucing dirumah dengan langkah-langkah dibawah ini.

Sebaiknya mandikan kucing pada cuaca yang cerah, bukan pada saatmusim hujan, kalaupun terpaksa harus hati-hati. Batas memandikan kucing jangan terlalu sore. Hal ini ditakutkan kucing akan terkena flu karena kedinginan.
Grooming Kucing

Dibawah ini beberapa tips yang dapat menjadi acuan dalam memandikan kucing.

"Sebaiknya mandikan kucing pada cuaca yang cerah, bukan pada saatmusim hujan, kalaupun terpaksa harus hati-hati. Batas memandikan kucing jangan terlalu sore. Hal ini ditakutkan kucing akan terkena flu karena kedinginan."

Berikut Perlengkapan alat – alat Grooming yang harus disiapkan saat memandikan kucing anda :

1. Gunting kuku khusus kucing,
2. Obat tetes telinga untuk membersihkan kuping bagian dalam,
3. Kapas dan cotton bud,
4. Air hangat yang cukup,
5. Shampoo kucing,
6. Sikat gigi kucing,
7. Sikat, Sisir ,atau Sponge mandi,
8. Handuk,
9. Pencukur bulu kucing,
10. Blower atau pengering bulu kucing.


Cara Memandikan Kucing

1. Periksa bagian-bagian yang sakit di seluruh tubuh. Jamur biasanya menyerang bagian dagu, ketiak, lipatan paha, telapak kaki, ekor dan pangkal ekor. Tungau Scabies paling sering menyerang bagian telinga luar dan ujung-ujung telinga bagian dalam. Kutu pinjal  sering menyerang bagian atas kepala, dagu, ketiak dan lipatan paha.

2. Guntinglah kuku kucing terlebih dahulu.

3. Bersihkanlah kotoran dalam kuping dengan cara menetesi cairan khusus kedalam kucing.

4. Basahi seluruh tubuh kucing dengan air dingin/hangat (kucing kecil sebaiknya dimandikan dengan air hangat). Pastikan air membasahi seluruh bulu sampai kekulit. Pengobatan tidak akan efektif  bila air dan shampoo tidak mencapai kulit.  Pada kucing dengan bulu panjang dan tebal lebih mudah disemprot menggunakan air bertekanan tinggi.

5. Ratakan shampoo keseluruh tubuh sambil dipijat/disisir menggunakan jari. Hati-hati pada saat memberikan shampoo pada daerah sekitar mata dan hidung (wajah). Setelah merata, sikat  dan bersihkan bagian-bagian yang sakit dengan sikat gigi. Hati-hati bila menyikat bagian yang luka. Pastikan shampoo berada di tubuh selama 5-7 menit agar kutu, jamur dan bakteri  penyebab penyakit mati terkena shampoo obat.

6.  Bilas seluruh tubuh kucing dengan air hingga bersih. Periksa kembali bagian-bagian yang sakit. Pemberian obat dapat dilakukan sebanyak2x, dengan metode yang sama seperti diatas.

7. Setelah dibilas dengan bersih, keringkan kucing dengan handuk, dan dilanjutkan dengan hairdryer. Sisir bulu kucing perlahan-lahan sambil tetap mengarahkan hairdryer keseluruh tubuh kucing. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerontokan bulu kucing.


8. Pastikan bulu disekujur tubuh kucing telah kering, terutama diarea yang sulit dijangkau dan tersembunyi seperti leher, bawah lengan, lipatan telinga. Pengeringan yang tidak sempurna dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar