10 Jenis Kucing Termahal Di Dunia


Tahukah Anda jenis kucing termahal di dunia? Awalnya, jenis kucing termahal di dunia dipegang oleh kucing persia karena keelokannya. Namun, seiring perkembangan kucing-kucing ras baru, posisi sang jawara mulai tergusur.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan, apalagi melihat kepolosan serta tingkah lincahnya yang membuat sebagian orang gemar berada dekat dengan hewan satu ini.
Saat ini, memilih kucing sebagai hewan peliharaan adalah sebuah trend yang sedang berkembang di kalangan masyarakat, mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa. Banyak faktor yang menjadikan sebagian orang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan, mulai dari jenis atau tipe kucing yang bervariasi, memiliki bulu lebat atau sama sekali tidak berbulu, warna yang menarik, sampai sifat si kucing.
Selain beberapa faktor di atas, soal harga juga menjadi faktor lain. Seperti kita ketahui, harga seekor kucing tidak murah, bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Hal itu membuat si pemelihara merasa bangga karena memiliki kucing yang bagus dan berharga mahal.
Mau tahu jenis-jenisnya? Berikut daftar 10 jenis kucing paling mahal di dunia. Mungkin saja, dari jenis-jenis kucing berikut, salah satunya jenis kucing yang Anda miliki.



1. Ashera

Ashera
Ashera adalah jenis kucing paling mahal di dunia. Harganya berkisar 30 hingga ratusan juta rupiah, bahkan ada yang mencapai 1,3 miliar rupiah. Kucing ini merupakan kucing hibrida Afrika, percampuran dari macan tutul Asia dan kucing domestik. Ashera adalah kucing yang sangat cerdas, penyayang, dan juga setia kepada pemiliknya. Namun, keberadaan kucing langka ini menuai kontroversi karena banyak yang menduga bahwa perusahaan biotek yang memproduksi kucing ini sebenarnya menjual kucing Savannah dengan harga jual dua sampai empat kali lebih mahal.



2. Savannah
Savannah
Serupa dengan jenis Bengal, tetapi Ras Savannah memiliki tubuh yang lebih ramping dan besar. Kucing ini merupakan jenis kucing hibrid domestik, yaitu hasil persilangan serval dan kucing domestik. Tidak sedikit orang membandingkan kucing ini dengan anjing dalam hal loyalitas dan kecerdasan. Harga dari jenis kucing ini sekitar 20—660 juta rupiah.



3. Bengal
Bengal
Kucing Bengal adalah hasil dari pengembangbiakan genetik antara kucing domestik dengan kucing macan tutul Asia (ALC). Prionailurus bengalensis diciptakan dengan tujuan menciptakan kucing yang percaya diri, sehat, dengan warna bulu yang kontras. Nama Bengal sendiri diambil dari nama taksonomi kucing macan tutul Asia (P. b. Bengalensis). Harga kucing yang mirip dengan leopard ini ditaksir antara 13—329 juta rupiah.


4. Allerca
Allerca
Allerca adalah kucing hasil penelitian genetik yang dikembangbiakkan melalui proses pembiakan selektif dari Lifestyle Pets. Perusahaan ini mulanya berbasis di California. Allerca memiliki kemampuan mengurangi alergi kucing pada manusia dengan kadar keberhasilan 96%. Harga kucing ini diperkirakan sekitar 80 juta rupiah.


5. Persia
Persia
Kucing ini menjadi primadona di Indonesia untuk dijadikan hewan peliharaan, mempunyai wajah yang menggemaskan dengan hidung peseknya, berbadan besar, berkaki pendek, serta berbulu lebat. Di Inggris, ras kucing ini disebut dengan “Longhair” atau “Persian Longhair”. Di Timur Tengah, Persian juga dikenal dengan sebutan Shiraz atau Shirazi. Kucing jenis ini masih memiliki subras dengan beragam nama, yaitu Himalayan, Exotic ShorthairToy And Teacup Sizes, serta Chinchilla Longhair and Sterling. Harga kucing persia sekitar 6,6—72 juta rupiah.


6. Peterbald
Peterbald
Peterbald adalah kucing hasil eksperimen dari pencampuran ras Don Sphynx dan Oriental Shorthair. Ciri khas kucing ras ini adalah tubuhnya yang seolah tidak memiliki bulu, bentuk tubuh ramping, leher panjang, mata seperti almond, serta kaki dan ekor yang panjang. Bisa dibilang, tubuh Pertbald bak model catwalk yang anggun. Harganya sekitar 15,8—66 juta rupiah.


7. Russian Blue
Russian Blue
Russian Blue terkenal sebagai kucing yang suka bermain, gampang penasaran, dan pintar. Ia juga memiliki kepribadian yang ramah, mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain, dan dekat dengan anak-anak. Harga kucing pemalu ini berkisar 5,2—40 juta rupiah.


8. Sphynx
Sphynx
Ras ini mulai berkembang sejak tahun 1960-an. Sphynx adalah kucing yang seolah-olah tidak memiliki bulu pada tubuhnya. Itulah yang menyebabkan perawatan kucing ini terbilang susah. Sphynx dikenal karena perilaku ekstrovet mereka. Meskipun memiliki kepribadian ekstrovet, kucing ini memiliki energi yang tinggi, cerdas, rasa ingin tahunya besar, dan penuh kasih sayang pada pemiliknya. Harga Sphynx berada di kisaran 4—40 juta rupiah.

9. Scottish Fold
Scottish Fold
Dengan ciri-ciri fisiknya yang langka, dikombinasikan dengan reputasinya sebagai sahabat penuh kasih bagi manusia, Scottish Fold menjadi salah satu kucing paling dicari sebagai hewan peliharaan. Kucing ras ini bisa dikenali dengan mudah dari bentuk telinganya yang seolah-olah terlipat. Harga kucing ini berkisar 2,6—40 juta rupiah.


10. British Shorthair
British Shorthair
Sesuai namanya, kucing ini berasal dari tanah Inggris. Kucing yang cukup populer di tanah kelahiran Ratu Elizabeth ini mudah ditemukan di cat show. Harga dari Brithis Shorthair berkisar 6,6—19,8 juta rupiah.




1 komentar: