Manfaat Pelihara Kucing Untuk Kesehatan


Punya kucing di rumah? Bersyukurlah, karena memelihara hewan lucu ini dapat menyehatkan tubuh dan mental kita.

Melihat tingkah lucu kucing peliharaan dirumah memang tidak ada bosannya. Apalagi saat kucing bermain dengan pet toys, pasti akan membawa perasaan senang pada orang yang melihatnya. Selain itu, ketika pemiliknya pulang ke rumah dari aktivitas di luar, biasanya kucing akan menunggu untuk diberi makan sampai mengikuti kemana pun sang pemilik berjalan. Jika begitu, sambutlah kucing dengan penuh rasa cinta. Peluk dan elus-elus bagian tubuh si kucing yang disukanya. Catlovers akan merasakan kebahagiaan yang tiada tara dan akan merasa lebih rileks setelah lelah beraktivitas. Para peneliti mengatakan bahwa kucing juga dapat menggerakkan, meningkatkan sistem imun tubuh kita, dan bekerja sebagai peningkat kesehatan mental. Berikut beberapa fakta tentang kucing yang wajib catlovers ketahui. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia. Permukaan lidah kucing tertutupi berbagai benjolan kecil yang runcing, benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk lidah seperti ini sangat berguna untuk membersihkan kulit. Ketika kucing minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya. Sementara lidah kucing sendiri merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar bisa membuang rambut-rambut mati yang tersisa di badannya.
Kedekatan Dengan Kucing Peliharaan


Telah dilakukan berbagai penelitian terhadap kucing dan berbagai perbedaan usia, perbedaan posisi kulit, punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, dan ekor. Hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba, air liurnya bersih dan membersihkan. Bahkan Menurut Dr. George Maqshud, ketua Laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, kucing akan sakit. Tidak ditemukannya kuman pada tubuh kucing disebabkan kucing tidak menyukai air. Air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air lumpur, genangan hujan, dan sebagainya. Kucing juga sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Kucing tidak banyak berjemur dan tidak dekat-dekat dengan air. Hal itu bertujuan agar bakteri tidak berpindah ke badannya.


Melihat fakta-fakta ilmiah tersebut, berikut beberapa manfaat memelihara kucing bagi kesehatan tubuh, terlebih mental bagi manusia.
1. Dapat menghilangkan stress.
Dalam banyak kasus, berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat membantu memperbaiki mood. Hal ini juga berlaku untuk semua orang yang memelihara kucing di rumah. Kucing membantu kita merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung.
Orang yang memelihara kucing akan lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit jantung. Sebuah penelitian dari University of Minnesota menemukan bahwa sekitar 30—40% orang yang tidak memelihara kucing lebih cenderung terkena penyakit jantung daripada yang memelihara kucing.

3. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
Memiliki kucing dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Perasaan yang catlovers rasakan saat berinteraksi dengan kucing dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kucing tahu saat pemiliknya sedang sakit. Kucing akan datang menghampiri catlovers untuk memberikan rasa nyaman dan menolong agar merasa lebih baik. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya peningkatan sistem imun pada pemilik kucing.

4. Meringankan autisme.
Orang autis memiliki kesulitan cara berkomunikasi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan orang lain. Memiliki kucing benar-benar dapat membantu dalam kasus ini karena kucing berperan besar dalam meringankan autisme dan membantu penderitanya bisa berkomunikasi.

5. Membawa energi positif.
Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa membawa energi positif. Apa yang dirasakan ketika melihat kitten bermain di hadapan catlovers? Reaksi yang keluar seketika pastinya tertawa melihat tingkah laku hewan lucu tersebut. Hal ini tentu bisa memberi energi positif. Bahkan sebuah studi yang dilakukan Indiana University Bloomington menyebutkan hanya dengan menonton video kucing bisa membawa energi dan emosi positif serta menurunkan perasaan negatif.

6. Dengkuran kucing bisa bantu atasi sakit tulang, tendon, dan otot.

Dengkuran kucing saat mereka tidur sangat erat kaitannya dengan kemampuan therapeutic di tulang dan otot manusia. Ternyata hal ini terkait dengan frekuensi getaran mendengkur 20—140 Hz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar