Ragdoll, Si Kucing Penurut


Meskipun harganya terkategori mahal, banyak orang yang berminat memilikinya karena perilakunya yang istimewa.

Ragdoll merupakan jenis kucing yang dikembang biakkan oleh Ann Baker, seorang peternak kucing Persia, sekaligus pencipta kucing ras. Hingga tahun 1971, Ragdoll terus dikembangkan. Setelah itu, Ann mendirikan sebuah organisasi kucing khusus untuk penggemar ras Ragdoll, yang sampai saat ini masih berdiri dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan demi melestarikan ras kucing tersebut.

Ragdoll  merupakan salah satu ras kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guinness World Records. Badan kucing ras ini besar, dada lebar, dan panggulnya besar. Berat badan Ragdoll jantan sekitar 12—20 pon (5,4—9 kg) dan betina 10—15 pon (5,4—6,8 kg).
Karakteristik rambut Ragdoll mirip dengan rambut kelinci, tetapi tidak terlalu panjang. Oleh karena itu, tidak diperlukan penyisiran setiap hari.  Ciri  umum Ragdoll lainnya terdapat pada warna rambutnya yang putih lembut hampir di semua badannya. Meskipun demikian, pada beberapa bagian badan, seperti pada ekor dan sebagian mukanya, terdapat warna lain seperti silver hingga hitam dan pada wajahnya membentuk huruf v.
Ada  enam macam warna pada Ragdoll, tetapi hanya empat warna yang diakui oleh kebanyakan asoasiasi penggemar kucing, yaitu seal, blue, chocolate, dan, lilac. Sementara warna red dan cream tidak diakui oleh beberapa asosiasi. Semua warna tersebut membentuk 4 pola warna yang digolongkan menjadi bi-color, van, mitted, dan point (solid, lynx, tortie). Adapun warna van tidak diakui oleh beberapa asosiasi.
Kucing ras Ragdoll memasuki kategori dewasa pada umur tiga tahun   Kucing ini termasuk jinak yang terbiasa dengan kehadiran manusia. Kucing ini juga mudah beradaptasi dan gemar berbaring pada lengan manusia. Karakter Ragdoll yang menyenangkan dan tidak menyusahkan sang pemilik menjadikannya salah satu jenis kucing yang popular untuk dipelihara.
Kucing ini  memiliki suara yang lembut dan menyukai ketenangan. Ragdoll tidak bermasalah jika ditempatkan dalam satu kandang bersama kucing lain. Dalam hal latihan, jenis kucing ini relatif lebih mudah dilatih karena sifatnya yang penurut. Tak heran, meskipun termasuk mahal, banyak orang yang berminat memilikinya karena perilaku Ragdoll yang istimewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar